Selasa, 07 April 2009

Recovery Aspire One melalui BIOS

Pengalaman errornya Aspire One kesayangan si Dia beberapa hari lalu, dampaknya jadi mendapat tambahan ilmu dari teman baik yang kasih tahu bagaimana me-recovery Aspire One melalui BIOS.

Awal masalahnya adalah wirelessnya yang ga bisa mendetect network, sudah di oprek dan ngutak ngatik tapi tetap ga bisa. Lalu saya putuskan untuk dimasukkan ke Acer Center, di Ratu Plaza. Kata Technical Advisornya untuk di-recovery ulang saja windowsnya setelah dia coba menginstal tools untuk mengupdate wirelessnya, entah program apa, saya tidak mengerti. Karena harus opname 5 hari di Acer Center, akhirnya diputuskan untuk melakukan recovery sendiri dibantu dengan teman baik yang merupakan IT di salah satu anak perusahaan ASTRA.

Recovery pertama lancar dan baik-baik saja, saya dan dia pun pulang setelah melakukan recovery tersebut, yang dikerjakan di kantor teman baik saya itu. Setelah pulang si dia pun mengecek ulang kondisi Aspire Onenya yang sudah di-recovery. Tapi....tiba-tiba, si Aspire Error lagi, ternyata saat di cek, ada 2 office yang jalan di dalamnya 2003 dan 2007. Loading masuk windows lama sekali, akhirnya di restart ulang, dan ternyata tambah parah. Desktop tidak menampilkan start, bingung deh, karena ga bisa keluarkan program recovery acernya.

Besoknya lagi saya bawa Aspire One ke teman baik saya itu dan saya dibantu me-recovery melalui BIOS. Sekedar sharing saja kepada yang lain, apabila ada masalah dengan recovery Aspire One dari desktop, bisa kita lakukan recovery melalui BIOSnya dengan cara sebagai berikut:

1. Dari dalam kondisi mati (off), nyalakan Aspire One sampai muncul logo Acer
2. Tekan Alt-F10
3. Tunggu sebentar, akan muncul keterangan bahwa booting akan masuk ke menu Recovery
4. Ikuti petunjuk selanjutnya

Bila diminta password, defaultnya adalah 000000 (angka 0 enam kali)

Hasilnya Aspire One si Dia sekarang sudah run aman dan terkendali.

Semoga informasi tadi ini bisa bermanfaat bagi pembaca.



Jakarta, 060409
(thanks to AYD)

2 komentar:

  1. Alt F10 nggak fungsi di saya. Ada solusi nggak?

    BalasHapus
  2. Loh memang notebooknya menggunakan type apa dan kerusakannya apa?

    BalasHapus